Tuesday, October 25, 2005

Trivia Quis : Tentang paspor

Trivia Quis : Tentang paspor


Untuk mereka yang bepergian ala backpacker ke luar negeri.. salah satu perlengkapan identitas yang kudu di punyai dan di bawa adalah paspor, yang jadi masalah bagaimana menyimpan dari kemungkinan hilang, ntah karena kecopetan, dicuri, lupa simpan atau jatuh, tentunya kudu ada antisipasi. Ilang paspor dinegeri orang cukup berabe, bisa fatal apalagi anda masih ingin mengunjungi negara-negara lainnya dalam waktu bersamaan.... belum lagi urus ke polisinya dan ach... puyeng deh, so jadi kuisnya..... apakah paspor yang ada pegang bakal:

1. di titipkan di receptionis/deposit hotel
2. di taruh di tas dan tas disimpan di kamar hotel
3. di taruh di kantong kecil dan dibawa jalan2

??????

Salah satu cara yang paling aman memang sebaiknya disimpan di deposit box hotel karena jika ada masalah katakanlah hilang maka kita bisa komplain, walau begitu tentunya ada trik mengantisipasi berbagai kemungkinan, seperti barang yang kita titipkan di deposit box hilang atau tercecer, atau ditaruh ditas dan tas hilang juga atau dibawa-bawa jalan -jalan eh tau taunya kecurian berabe juga.

Tips dan trik saya biasanya mengfotokopi paspor tersebut, paspornya saya simpan ditas dan tas saya taruh agak tersembunyi di hotel (saya asumsikan hotel yang saya tempati ala backpacker jadi biasanya tidak ada deposit) dan fotokopi paspor saya taruh di tas kecil saya, jadi jika sewaktu2 ada kejadian yang tidak mengenakan minimal saya sudah prepare ada backup, pun saya lakukan hal yang sama dengan KTP dan tak lupa saya selipkan beberapa pas poto saya dibalik dompet serta di tas ransel saya, seperti diurai diatas jika ada sesuatu hal terburuk misal hilang tercuri saya masih tetap punya backup berupa fotokopi paspor, foto, KTP dan mungkin surat berharga lainnya. Satu tips yang kudu diingat adalah selalu membawa kartu nama hotel jika akan keluar untuk berjalan2, minimal kalau lupa alamat hotel atau mau pake taksi tinggal tunjukin ajah tuh kartu nama hotel.

Ide membawa paspor dalam kantong kecil dan di bawa jalan2 boleh juga selama itu tidak menutup kemungkinan hilang, yang jadi masalah saya sering menemukan banyak orang menyimpan paspor, uang, dan dompet mereka dalam satu kantung kecil, kebayang khan begitu ilang tuh kantung kecil ilang semuanya, solusinya adalah tidak memyimpan dalam satu tempat baik itu dompet, paspor uang, HP atau barang berharga lainnya, sama saja tidak sugest menyimpan uang kesemuanya dalam satu dompet, dipecah dan disimpan di beberapa kantung saku kayanya lebih baik.

Disimpan di kaos kaki hmmm kalao uang bisa kali yah, mgkn agak sedikit ribet pas mau beli sesuatu kudu buka sepatu dulu heq heq kebayang si penjual pasti bengong. Pengalaman saya dalam perjalanan ala backpacker kenegara negara entah berantah, khusus untuk paspor, dalam perjalanan seperti itu saya selalu mamakai celana panajang yang ada katung disampingnya, ukurannya pas buat taro di situ, jadi pas masuk ke imigrasi ngga perlu repot bongkar ransel atau bongkar tas kecil misalnya , tinggal dikeluarin dan naronya juga gampang , kemungkinan di copet kecil karena posisi kantung ada di samping paha, kemungkinan jatuh juga kecil karena ada penutup kantungnya..

Mungkin bisa jadi catatan, saat anda kehilangan paspor misal di negara entah berantah, mintakan bukti
kehilangan di polisi setempat bukti ini penting saat anda akan keluar dari negara tersebut dan pada saat pemeriksaan di imigrasi, apabila sulit bisa dimintakan bukti anda menginap di hotel dimana anda menginap, hal ini berguna untuk menjelaskan status anda bahwa anda memang benar telah mengunjungi negara tersebut dan berada disitu sampe pasor itu hilang karena kalao tidak ada bukti anda akan dikenakan tuduhan suspender alias penyelundup yang masuk ke negara tersebut secara diam -diam tanpa paspor nah kalau udah gitu namanya apes.

Labels: , , , , ,