Wednesday, September 14, 2005

TN Karimun Jaya (new Trip)





Sabtu 17 Sept 2005

Angin bertiup kencang, suara ombak mengulung berderai-derai... Saat ini saya sedang berada di atas perahu nelayan, yang membawa saya menuju kepulauan Karimun. " Son..!! minggir dikit!!.. gw mau motret neh...!!!, bisik Iman (nama samaran) pada saya, waks gawat ..Iman dengan kamera Canon barunya, di dalam kapal yang sempit ini sedang mencari korban (motret orang yang sedang tidur, buat di simpan di multiply katanya). Saya lihat beberapa kawan yang baru saya kenal sehari sebelumnya terlihat pucat, Widji (nama samaran juga) dengan kepalanya yang agak sedikit plontos terlihat lesu, ombak besar yang menghadang bertubi cukup membuat pening kepalanya. " Gw salah komunitas neh,.... keluh Widji" . " Gw pikir bepergian ala bekpeker bakal enak..tapi kok kaya gini".

Tak jauh disampingnya Mumu (ini juga nama samaran) sipemuda tanggungpun bersandar dengan lunglai, hari gini mustinya gw ada di cafe olala dengan ibookn ditemani hot cappucino bikin esje-an.... begitu pikirannya.

Laju perahu sebenarnya nggak melaju kencang , ombak yang mengulung gulung cukup membuat kapal bergoyang ala Inul ngebor, dengan kapal kecil tentu goyangan terasa liukannya, plus ditambah angin laut membuat beberapa orang yang nggak biasa menjadikan perjalanan ini menjadi terasa luar biasa. Asoy geboy gitu kali yah buat menggambarkan perjalanan ini he he he


Sementara Mbak Ita (yang ini nama samaran apa bukan yah) si Ibu bendahara terkapar di samping lelaki berbadan besar, yang kelak saya tahu itu mas Toni. " Adouuuuh puyeng deh gw walau biasa bergoyang-goyang tapi kalau digoyang ombak laut beda rasa neh, sementara beberapa kawan lainya yang tergolek juga pasrah ajah menjadi santapan potret Iman.. ha ha ha, lucu dengan pucat pasi akibat mabuk laut mereka terima ajah saat klik ..klik suara kamera baru Iman menghajar muka muka pucat pasi yang dengan pasrah menerima apa adanya..

Di kapal yang konon membawa puluhan bekperan ibukota ini terus melaju, duduk di belakang berselonjor Aris (yang ini pasti bukan nama samaran) si abang koordiantor terlihat asik, perjalanan yang menyenangkan batinnya. Begini neh jalan-jalan ala bekpeker ga usah mikir yang aneh aneh semua dinikmati dengan asik ajah..

Ah untung cerita diatas cuman karangan ajah, namanya juga ngarang apapun bisa dikarang-karang. Bicara soal karang mengarang, ini bukan ngarang cerita lagi. Bener banget kalo ngomongin TN Karimun emang bener asik. keasikan TN Karimun (saya nggak menyebut keindahan karena indah bagi saya realtif, yang nggak relatif adalah Indah Gameswari member milis ini). Saya menyebut asik karena mungkin bepergian beramai-ramai bersama teman teman. Atmosfer kecerian dan kegembiraann yang lebih saya rasakan.

Kalau bicara bersih.. yah TN Karimun Jaya masih bersih baik dari segi pantai, lautnya dan beberapa tempat khusus untuk snorkling dan diving. Bicara keanekaindahan hutan di TN Karimun Jaya , mungkin beberapa sudut laut dan pantai dan isinya sangat menarik. Pun yang telah saya liat baik di TN Ujung Kulon dan Gilli Trawangan Lombok ada beberapa kesamaan yaitu masih perawannya beberapa spot laut yang bisa saya bilang cukup indah dimata saya


Apa yang membuat betah mengunjungi TN Karimun Jaya??
Buat saya yang hobi bercibang cibung alias bersnorkel ria, TN Karimun bolehlah buat ekplorer , dengan menyusuri sisi beberapa pantai dan lautnya, selain masih bersih, terumbu karangnya "berasa' banget. Saya jadi inget beberapa teman yang udah mengunjungi spot d bagian pulau Karimun terutama teman teman diving yang bercerita masih banyak spot yang lebih bagus lagi.. waks boleh juga di cari tuh, walau belum saya bayangkan sebagus apa spot-spot tersebut dibanding dengan misal Gilli Trawangan atau Bunaken... atau malah dengan Togian dan hmm jangan lupa Taman Laut Banda...

Wah udah nggak sabar jadinya......pengen buru2 balik kesan lagi


Sedikit tentang Karimun


daiambil dari blog packer joural

http://artson.blogspot.com/2005/04/karimun-atau-karimun.html

foto foto bisa di intip di
photo tour d'karimun
http://artson.multiply.com/photos/album/1

Karimun atau karimun ??

Apa yang ada di benak anda begitu mendengar kata karimun??? sebuah mobil kecil yang bersleliweran dijalan jalan atau sebuah pulau??? dua duanya benar Karimun yang satu adalah nama mobil produk Suzuki yang bentuknya mungil kecil tapi nggak centil, yang satu lagi adalah gugusan pulau di pantai utara Jawa, cerita lengkap mengenai bisa di lihat di :

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0501/08/Wisata/1454122.htm

Perjalanan ke taman nasional karimun jawa
Kontributor : Tri Laksmana
http://www.indobackpacker.com/content/view/95/1/

Map karimun..
http://www.indobackpacker.com/files/karimun.gif

Photo2x ttg karimun.
http://www.kurakuraresort.com/gallery.htm

Taman Nasional Laut Karimunjawa
http://mediaindo.i2.co.id/newsprint.asp?
Id=2004101201205512&Jenis=c&cat_na=Wisata


Taman Nasional Karimunjawa http://www.dephut.go.id/
INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_karimun.htm

Karimunjawa, Mutiara Alam yang Terpendam
http://www.suaramerdeka.com/harian/0404/17/nas13.htm