Friday, April 15, 2005

Tas ransel seorang backpacker


Tas ransel

Anda seorang backpacker?? mau bepergian denagn menggunakan tas segede-gede gaban?? Tahukah anda bahwa memakai tas ransel yang tidak tepat atau membawa beban yang terlalu banyak dapat mengalami sakit punggung, leher dan bahu???. Jika melihat seorang olahragwan angkat besi kita bisa tahu bahwa manusia ternyata mampu mengangkat dan menahan beban hingga beberapa kali berat tubuhnya, contoh Lisa Raema Rumbewas yang mempunyai berat badan 53 kg, peraih medali olimpiade Athena konon mampu mengangkat berat barbel hingga 210 kg. Sementara itu rata-rata manusia mampu mengangkat beban hingga 3 x berat badannya, beberapa orang yang mempunyai kekuatan lebih mungkin bisa mengangkat hingga 4 x berat badan seperti Lisa yang notabene olahragawan, kalau anda bukan olahragawan dan anda coba mengangkat beban yang beratnya hingga 4x atau lebih dipastikan anda akan mengalami cedera, paling barter kena encok atau sakit punggung atau cedera tangan…atau malah tangan terkilir.. jadi kalau anda bukan Lisa Rumbewas atau Ade Rai atau mempunyai badan ringkih sebaiknya jangan coba coba melakukan hal seperti diatas atau ingat saran di iklan TV “don’t try this at home!!”.

Berikut tips dan pesan sekaligus nasihat jika anda akan bepergian menggunakan ransel
  • Sebaiknya tidak membawa barang melebihi kapasitas isi ransel untuk wanita cukup dengan dengan ransel kapasitas 60 ltr dan pria bisa dengan ransel isi 80 ltr, jika anda membawa lebih dari 80 ltr katakanlah 2 koli atau 2 ton sebaiknya anda meminta jasa porter/kuli angkut atau jasa pengangkut lainnya.
  • Tata barang yang akan dibawa dengan menyimpan barang terberat paling dekat ke punggung. Posisi isi ransel atau barang lain diusahkan stabil dan tidak mudah bergoyang-goyang. Cukup Inul ajah yang bergoyang-goyang
  • Usahakan untuk memakai kedua tali bahu tas karena kalau mengenakan hanya pada salah satu bagian tali dapat menyebabkan beban tertumpu pada satu sisi. Inilah yang menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit pada punggung.
  • Gunakan Tas ransel yang memiliki bantalan bahu yang baik untuk mencegah terlalu banyak tekanan pada bahu dan leher karena dapat menyebabkan rasa kantuk. Kantuk??? nggak nyambung euy…--) cedera pada persendian leher.
  • Pilih tas ransel yang dilengkapi dengan pengikat pinggang, Pengikat pinggang ini membantu membagi beban tas. Selain itu tas anda akan terikat erat dengan badan anda hingga copet atau malingpun enggan menyambar tas anda.
  • Yakinilah anda hanya membawa barang-barang yang dibutuhkan di dalam tas. Jangan sekali kali anda membawa barbell kedalam tas anda, selain berat nggak ada manfaatnya, terkecuali anda seorang olahragawan. Pilih ukuran tas ransel yang pas dengan punggung anda.
  • Jika setelah bepergian dan anda mengeluhkan sakit pada punggung atau leher, segera konsultasikan pada dokter. Jangan pada dokter hewan karena anda seorang backpacker….

Labels: