Monday, January 31, 2005

Episode 1 : Selamat Datang di Dunia Percutian

Jelajah kota di Asia Tenggara
Episode 1 : Selamat Datang di Dunia Percutian
Route : Jakarta - Kuala Lumpur
Day : 14.01.05


Image hosted by Photobucket.comHari Jumat siang usai sholat Jumat di mesjid di sekitar Mampang siang pukul 13.00 wib dengan diantar kawan, saya berangkat menuju Bandara Cengkareng.. Memanggul ransel berisi celanan jeans lusuh, peralatan mandi & sholat, obat-obatan, kamera, mp3 player, raincout, topi, dan beberapa potong pakaian (nggak potonganlah, yang pasti layak pakai...:)

Rencananya sih saya mau mencoba menyusuri jalan-jalan di kota Asia Tenggara seperti Singapore, kemudian bakal ke Kuala Lumpur mencoba serunya jalan-jalan di Penang kalau sempat mampir di Phuket udahnya melanjutkan ke Bangkok melintas Saigon berharap sua dengan vietcong terus ke Phon Phen (kuil Anchor tentunya) terus....terus ke Paris... loh kok Paris...emang Paris di Asia Tenggara ??? (tentu tidak ...paris pan di yurep - (baca europe).

Berangkat dari Jakarta menuju ke Kuala Lumpur saya memakai jasa penerbangan A**A** (nggak perlu disebutin yach ntar disangka promosi). Harusnya berangkat jam 15.00 wib berhubung ditunda dengan alasan yang tidak jelas, pesawat baru berangkat jam 18.00 wib.
Duh nasib.... heran tiap mau melakukan perjalanan jauh pasti ajah ada yang namanya urusan telat - menelat. 3 jam bow, nunggu... kalo pake Argogede dari Jakarta pasti udah nyampe Bandung...

Disini rasanya petualangan sudah mulai terasa, gara2 telat berangkat, kebayang nyampe Kuala Lumpur jam 11 malam. Kalau udah malam disana apa yang musti dilakukan???. Datang telat ke gambir jam 11 malam sih kagak ngaruh tinggal pake taksi langsung berangkat ke lokasi tujuan. Disana??? Wuah belum kebayang deh….

Pukul 18.00 keretapun eh pesawatpun berangkat, akhirnya terbang juga, walau hati tak menentu, soale nyampe Kuala Lumpur kira2 pukul 10 malam, whuah ntar disana rencana pasti berubah deh, sepanjang jalan jadi cemas, bukan penerbangannya tapi tiba disananya ituloh....pan rencananya mau pake bas (bus disono bacanya bas, jadi saya musti ngebiasain.. :P ), berhubung tiba malam jadinya belum kepikir ntar mau pake apa...

Tiba di bandara, akhirnya rasa was-was itu hilang, lupa sudah perasaan khawatir, waktu menunjukan pukul 23.00 si ‘cemas’ itu hilang berganti dengan rasa senang, ini pertama kali saya menginjak kaki di bandara KLIA. Konon katanya Bandara ini baru dibuka 1998, fasilitasnya relatif masih baru dan serba modern, Kuala Lumpur International Airport, disingkat: KLIA, diresmikan oleh, Yang di-Pertuan Agong Tuanku Ja'afa pada tangal 27 Juni 1998. Loh kok saya bisa tahu, yah tahulah... gimana sih , orang baca prasastinya kok , ada tuh di dekat lobi… he he he.

Rencananya di KL saya akan menginap di tempat kawan saya sebuah apartement. Dalam catatan perjalanan yang saya rancang, begitu tiba di Bandara sebenarnya saya cuma tinggal menggunakan KRTM (itu tuh kereta cepatnya kebanggan Malaysia) setelah itu dilanjut dengan mengunakan monorail sampai setasiun Bukit Bintang. kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju apartemen.

Tapi hari genee... jam 11 malam bengong di bandara, rencana harus disusun ulang. Dari Bandara ke stasiun singgah KRTM jadwal terakhir pukul 2, tapi udah di setasiun singgah ke lokasi kayanya nggak mungkin pake monorail... karena udah dikasih tahu monorail kalo malam nggak jalan. Alternatifnya ntar pake taksi. Pake TAKSI?? yah masa backpacker pake taksi... ngak seru donk...(bukannya nggak seru tapi argonya jo!!!.. soale, jauh banget katanya seh kira kira jarak Jakarta ke Bogor)

Termenung melihat arsitektur bandara, ternyata bikin gatal juga nurani buat motret. Berbekal kamera handycam dan kamera digital membuat saya mabuk untuk jeprat jepret foto-foto, membabi buta ,mumpung memori kamera digitalnya gede, kayaknya nggak ada sudut yang terlewatkan, toiletpun saya sambar juga detail ruangn ya (buat image stock, kali kali ada yang beli :), sampe nggak sadar ternyata jam sudah menunjukan jam Pukul 00.30 WKL (Waktu Kuala Lumpur) malam.... adoy...udah pagi neeh (adoy itu logat melayu artinya adouhh....aduh... duch.. adouh yah begitulah bunyinya), akhirnya saya putusin ambil ransel dulu di bagasi.

Image hosted by Photobucket.comBerjalan sepanjang koridor bandara menuju tempat pengambilan bagasi (Bagage claim) cukup menyenangkan Di sebelah koridor tempat saya berjalan, ada banyak berjejer tempat duduk panjang berwarna biru muda dan saya lihat ada beberapa bule tidur, satu diantaranya seorang ibu muda yang mendekap anaknya lelap tertidur berbuntal selimut (suasana didalam bandara saat itu cukup dingin) sementara dibangku lainnya saya lihat juga beberapa bule dengan enaknya tidur selonjoran, tas-tas besar dibiarkan bertumpuk diantara kaki kaki mereka. Sepertinya backpacker juga neh :).

Ditempat lainnya berkumpul sekumpulan ..hmm kayanya dari India deh hitamnya kaya Raju :), bangku di sini tidak berpilah pilah kaya tempat duduk metromini tapi panjang dibalut lembaran busa lembut, kemungkinan didesain untuk bisa di pake tiduran, sementara sepanjang koridor ada eskalator berjalan, jadi untuk mereka yang malas jalan tinggal masuk gang (eskalator) dan melajulah kita….(lihat attach), disini pun tampak ada wastafel... saya pikir ini tempat buat basuh muka..eh ternyata saya salah. Wastafel ini airnya dapat langsung diminum, saya isi botol kosong saya untuk persiapan, dan itung2 penghematan uang ketimbang beli air dalam kemasan.

Image hosted by Photobucket.comSebelum masuk tempat klaim bagasi, di sebelah kanan ada tempat penukaran uang. (Lihat attach). Tampak ada beberapa orang mengantri untuk menukar uangnya, didepan antrian saya tampak orang India hitam besar bersorban mirip Amitabachan sibuk menghitung uang dan ada sedikit ketegangan antara dia dengan petugas penukaran uang (wah sepertinya tukeran duitnya kurang).


Disini saya tukar rupiah sebesar Rp. ***rb ke Ringgit Malaysia. Uang sebesar itu saya hitung cukup untuk biaya akomodasi, makan dan keperluan lainnya. Setelah mengambil ransel, saya keluar menuju ruang pabean , disinilah kelebihan bandara ini, arsitekturnya yang simple memudahkan kita untuk masuk ketempat berikutnya secara mudah dan jelas, kita langsung diarahkan (oleh penunjuk arah / signage / pictogram) masuk pabean untuk urusan imigrasi, tidak seperti Indonesia disini tidak ada biaya ini-itu yang nggak juntrung jelasnya, tidak ada biaya fiscal atau biaya aneh lainnya, pemeriksaanpun nggak terlalu lama, setelah mengisi form kedatangan, diperiksa paspor, saya langsung keluar menuju lobi. Terminal kedatangan berada di lantai 3, klaim bagasi ada di lantai 2 dan lobi tempat yang saya tuju ada di lantai 1. Ada beberapa fasilitas untuk turun naik pakai tangga berjalan atau lift.

Di lobi saya menemukan beberapa tempat untuk makan seperti Burger King, Mc Donald dan juga beberapa tempat yang saya lupa namanya, cukup banyak pilihan dan mereka buka 24 jam, setelah berpusingan saya putuskan beristirahat di Counter Burger King….. bukan apa-apa, pelayan wanitanya cakep2, khas Malaysia pake kerudung, wanita muda kira kira umur 22an ….he he he.. Uih… sit suiw… disini saya duduk makan ,bukan ngeliatin mereka tapi duduk imut sok manis menyusun strategi karena hari sudah malam sudah tidak mungkin pake bis, saya buka map rencana perjalanan, mencoba mengingat-ngingat, kira kira plan “B” apa yang harus saya jalankan, pake taksi belum kebayang berapa, lagian pan backpacker masa pake taksi (’’,”), rencananya mau pake KRTM ke lokasi tempat kawan saya di daerah Bukit Bintang (daerah itu kalo di Bandung kaya Dago/Ciumbuleuit yah daerah tinggilah). Coba beberapa kali menghubungi kawan saya ini ternyata nggak diangkat2 hpnya kayanya nggak aktif. Keringat dingin mulai keluar, wah gimana nih, jauh dari sanaksaudara tak ada teman tak ada kawan... alamat tidur di bandara neh…malam gini bosss tak tahu harus gimana…tegang tapi seru…